IT Service Management
ITSM
adalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk
layanan dan Kemampuan itu bertujuan untuk lebih
meningkatkan ke-efektifan dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada
pelanggan - Michael Wedemeyer.
Sedangkan menurut Ivanka Menken (2009,p.7) IT Service Management adalah manajemen dari semua proses yangbekerja sama untuk memastikan kualitas layanan, sesuai dengan tingkat layanan yang telah disepakati dengan pelanggan.Seperti inisiasi, desain, organisasi,pengendalian, pengadaan,dukungan dan peningkatan
layanan TI, disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pelanggan.
Standar elemen untuk definisi ITSM secara umum meliputi:
-
Penjelasan tentang proses yang diperlukan untuk memberikan
dan dukungan IT Services untuk pelanggan
-
Tujuan utama adalah untuk menyampaikan dan mendukung
teknologi atau produk yang dibutuhkan oleh key business untuk
memenuh tujuan-tujuan organisasi
-
Memberikan peran dan tanggung jawab bagi orang yang terlibat
termasuk staf TI, pelanggan dan stakeholder lainnya yang terlibat
-
Pengelolaan pihak eksternal yang terlibat dalam peran dan
dukungan teknologi atau produk yang ada.
ITSM umumnya menangani masalah operasional
manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan
bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat
lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini,
melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan
bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.
Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel,
dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak
terpapar langsung kepada konsumennya.
Sumber :
https://mhmmdcaesar.wordpress.com/2018/06/09/review-ebook-it-service-management/
Komentar
Posting Komentar